Anak Mogok Makan

by Diana

Pernah mengalami anak mogok makan sampe ibunya stres dan ikutan ga napsu makan? Saya pernah! Waktu Darren berusia 8 bulan - 1,5 tahun makannya luar biasa susah. Sampai saya mesti jungkir balik dan panjang sabar menghadapi dia. Dari mulai diemut, dilepeh, mingkem gabisa masuk sama skali, semua pernah. Berikut tips-tips yang bisa saya bagikan berdasar pengalaman saya:

1. Cari tahu kesukaan anak. Dari semua yang pernah saya cicipkan ke dia, dia paling suka apel, jadilah semua bubur-buburan dia saya campur dengan air apel. Kita sih yang nyicip ga doyan, tapi ternyata bubur beras campur apel ini sukses masuk ke mulutnya!

2. Bisa coba taburkan keju di makanannya

3. Ajak anak makan di tempat lain dari biasanya, misalnya di restoran (dengan membawa bekal dari rumah tentunya), di halaman rumah, di rumah orang lain. Kadang anak yang susah makan ini teralih perhatiannya, excited melihat sekitarnya, dan tidak menolak ketika disuapi

4. Jangan paksa anak makan, misalnya mencekoki paksa. Hal ini akan membuat anak trauma dan lebih takut lagi dengan sendok. Jika memberi anak obat yang pahit, juga gunakan alat lain seperti pipet, karena beberapa anak (yang habis sakit) akan membenci sendok karena mengasosiasikan sendok dengan obat pahit.

5. Coba beri yang dingin-dingin seperti misalnya puding wortel, puding jagung. Saat anak saya tumbuh gigi, dia mogok makan kecuali kalo 'dipancing' dengan makanan dingin seperti puding-pudingan.

6. Ajak anak Anda melihat Anda makan. Biasakan sekeluarga makan bersama di meja makan. Ketika melihat ayah ibunya asyik makan, akan memberi pemahaman pada dia bahwa makan itu sesuatu yang 'asyik' dan menyenangkan.

7. Cobalah ganti alat-alat makannya dengan piring mangkuk yang lucu dan berwarna-warni supaya menarik.

8. Kalau semua tidak berhasil, bisa dicoba menyuapi anak langsung dari tangan kita (tentunya sudah cuci bersih). Kadang anak tidak menolak jika disuapi tangan ibunya.

Sekian dulu. Semoga membantu ibu-ibu yang anaknya sedang susah makan ya.



Share


Back

Telon cream bebe roosie


merupakan minyak telon cream yang mengandung minyak zaitun.
Kehangatannya membungkus kulit bayi. Usapkan dengan lembut pada bagian perut, pinggang, dada, tangan, dan kaki bayi, sehingga bayi Anda dapat tidur dengan nyenyak tanpa gangguan nyamuk.

Read More