Ask the Experts

Q: Anak saya susah sekali tidur siang, apa yang sebaiknya saya lakukan?

Doctor says:

Dear Bunda,

Jika anak sulit tidur siang, memang harus dicari penyebab dan jalan keluarnya. Karena fungsi tidur pada usia balita cukup penting, selain untuk mengoptimalkan sistem imun, juga merupakan waktu otak dan tubuhnya bertumbuh dan berkembang.

Berikut hal-hal yang bisa kita coba untuk membantu anak ibu beristirahat siang dengan baik :

- ciptakan suasana kamar yang nyaman, tenang, bebas gangguan, dan agak gelap. Kondisi ini akan memicu hormon melatonin yang menyebabkan rasa mengantuk

- sesekali lakukan pijatan dengan lembut agar anak relaks. Gunakan produk yang telah teruji hipoalergenik dan aromanya menghadirkan suasana relaks. Contohnya Bebe Roosie telon cream.

- usahakan anak bangun awal di pagi hari, lalu perbanyak aktivitas anak sebelum tidur, dengan tujuan agar saat siang hari anak merasa lelah dan butuh istirahat

- jangan berikan makan siang berdekatan waktunya dengan jam tidur siang, anak dapat merasa kekenyangan dan tidak nyaman untuk berbaring

- hindari pemberian makanan berkadar gula tinggi seperti jus dalam kemasan, permen, coklat, kue-kue, karena jenis makanan tersebut dapat menimbulkan "sugar rush" yaitu peningkatan kadar gula dalam aliran darah yang mendadak, menyebabkan anak cenderung berperilaku sangat aktif dan "restless".

- disiplinkan jam waktu tidur siang, supaya anak tahu bahwa tidur siang merupakan salah satu jadwal rutin yang harus dilakukan.

- singkirkan mainan, ipad, televisi, dari jangkauan anak saat jam tidur siang

Demikian tips-tips yang dapat kami berikan untuk Bunda. Semoga membantu.


Regards, Febe Christianto,dr.



Telon cream bebe roosie


merupakan minyak telon cream yang mengandung minyak zaitun.
Kehangatannya membungkus kulit bayi. Usapkan dengan lembut pada bagian perut, pinggang, dada, tangan, dan kaki bayi, sehingga bayi Anda dapat tidur dengan nyenyak tanpa gangguan nyamuk.

Read More